Laman

Selasa, 04 Mei 2010

Contoh-contoh Jenis Paragraf

Contoh paragraf Narasi :
Mantan Presiden Argentina yang juga dijuluki "Diktator Terakhir" Argentina, Reynoldo Bignone, divonis 25 tahun penjara, Rabu (21/4). Dia didakwa terlibat dalam 56 kasus kriminal antara lain pembunuhan, orang hilang, penculikan, dan penahamam ilegal. Tindakan kejahatan itu dilakukan selama 7-8 tahun rezim militer, yakni tahun 1976-1983. Dilakukan disalah satu pusat penyiksaan terbesar Argentina, tepatnya di pangkalan militer Campo de Mayo. Menurut laoparan resmi,Bignone yang kala itu komandan pangkalan dan kemudian dijuluki "Diktator Terakhir" membunuh 13.000 orang. Hasil investigasi organisasi hak asasi manusia bahkan menyebutkan, ada 13.000 orang yang dibantai pada masa Bignone.
Jika umurnya panjang, Bignone baru akan bebas saat mencapai usia 107 tahun sebab kini dia berusia 82 tahun. Namun, kondisi fisiknya sudah renta untuk menjalani masa-masa sulit di penjara. Tindak kejahatan dilakuakn Bignone atas kerja sama dengan beberapa perwira militer lainnya. Hakim juga menghukum lima jendral militer lainnya dengan vonis penjara 17 tahun dan 25 tahun.

Contoh paragraf Eksposisi :
dengan kemajuan teknoligi ternyata anda dapat minum air langsung dari keran dengan menggunakan alat Advance Reverse Osmosis. alat ini memiliki lima tahap penyaringan yaitu, Sendiment Filter yang menghilangkan partikel-partikel air besar seperti lumut, pasir, endapan, dan sendiment; Pre Carbon Filter yang menghilangkan kaporit, klorin serta komponen kimia; RO Member Filter yang menghilangkan berbagai polutan logan-logam berat mikroba, metal ion, dan unsur-unsur radioaktif; Post-Carbon Filter yang menhilangkan bau tak sedap dan meningkatkan cita rasa air; serta Bio Ceramic Filter yang mencegah pertumbuhan mikroorganisme dan memperkaya air dengan oksigen. Melalui lima langkah penyaringan ini, Anda akan mendapatkan air murni langsung dari keran.

Contoh paragraf Deskripsi :
Dikawasan Pegunungan Jayawijaya, Papua, tampak pemandangan yang dangat indah. Di puncak kita bisa melihat pemandangan terbit dan tenggelamnya sang surya dan juga di sana terdapat bunga Edelweiss yang dikenal sebagai bunga abadi dan bunga itu tumbuh di ketinggian 2.750 meter di atas permukaan laut. Pada ketinggian 4.700 mdpl (meter di atas permukaan laut) kita bisa melihat bentangan es sejauh 1,5 kilometer dari puncak gunung Jayawijaya. Di bawah lidah es terdapat sungai gletster kecil yang mengalir cukup deras. Tidak hanya itu, di ketinggian 4.250 mdpl terdapat danau yang airnya berwarna biru muda dan di tepi danau dikelilingi tebing batu.

Contoh paragraf Argumentasi :
Kota tanggerang Selatan terletak di bagian timur provinsi Banten. Kota Tanggerang Selatan terdiri dari tujuh kecamatan, 49 kelurahan, dan 5 desa denga luas wilayah 147,19 kilometer persegi. Wilayah Tanggerang Selatan meliputi pula sejumlah perumahan modern seperti BSD City, Alam Sutera. dan Bintaro Jaya. Meskipun keberadaan perumahan modern turut mempercepat pembangunan Tanggerang Selatan, namun daerah-daerah di luar kawasan tersebut masih jaun tertinggal. Untuk itu pemerintah kota Tanggerang Selatan melaksanakan toga prioritas program pembangunan kota, yakni sektor infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan.
menurut Pejabat Walikota Tanggerang Selatan, Ir HM Saleh MT, infastruktur yang baik akan mengundang masuknya investor sehingga dapat mengubah pendapatan asli daerah (TAD) Tanggerang Selatan dan menyerap tenaga kerja. Karena itu di tahun 2010, ia menargetkan jalan-jalan utama di Tanggerang Selatan tidak ada lagi yang berlubang. Program berikutnya fokus pada pengembangan fasilitas kesehatan, khususnya untuk masyarakat tidak mampu. Setelah tahun 2009 membangun Puskesmas rawat inap, tahun 2010 Pemkot Tanggerang Selatan akan membangun 15 Puskesmas, 1 RSUD, serta menambah mobil ambulans yang akan berfungsi sebagai Puskesmas keliling gratis. Sementara itu, program pendidikan berupa perbaikan ruang-ruang kelas dan guru juga sedang dilakukan.


Contoh paragraf Persuasi :
Belajarlah sampai ke Negeri China
Pascaperundingan, kesepakatan ACFTA pun ditandatangani November 2004. Sejak saat itu, pengenaan tarif bea masuk untuk produk-produk yang disepakati mulai dikurangi. Puncaknya, 1 Januari 2010, bea masuk sejumlah produk menjadi nol persen. Industri seakan kebakaran jenggot. Sepuluh tahun ACFTA dirintis, China langsung memperkuat kepemimpinan pemerintahannya meski berada di dalam ingar-bingar perpolitikannya. Bukan cuma sosialisasi, mereka juga menyusun dan mengimplementasikan serta mengawal bentuk roadmap industrinya. Kepemimpinan China kuat sekali. Begitu tahun 2010 disepakati implementasi perdagangan bebas, seluruh "gerbong" ditarik menuju ke arah sana. "Sebaliknya kita malah seperti kebakaran jenggot. Ini terjadi karena emerintah dan sektor bisnis tidak ada kekuatan untuk bersatu," kata Chief Excekutive Officer (CEO) Grup Garudafood Sudhamek AWS.
Fakhrudin, seorang produsen mainan anak-anak di Demak, Jawa tengah, mengakui tidak semua produk mainan anak-anak diproduksi di Indonesia bisa kompetitif. ekspor memang manjadi harapan para produsen , tetapi mengisi ceruk pasar domestik juga tidak ada salahnya. "Percayalah, pasar domestik masih bisa diandalkan. Kami masih konsentrasi di pasar Tanah Air luar biasa besar. Kuncinya, kita bisa belajar dari China yang mampu membaca tren pasar. Selebihnya, kreativitas, dan inovasi juga penting. Untuk menggali ketajaman dalam melihat tren, Fakhrudin bolak-balik melanglang buana ke China untuk sekadar kulakan produk prototipe.

Sumber data : KOMPAS, KAMIS, 22 APRIL 2010

Tidak ada komentar: