Laman

Jumat, 09 Maret 2012

Tugas Softskill Akuntansi Internasioanal Chapter 1


1.     Beberapa pihak mendukung bahwa satu bahasa tunggal yang diucapkan secara luas digunakan sebagai bahasa akuntansi internasional yang resmi. tuliskan pernyataan yang terdiri dari 2 paragraf yang mendukung pemilihan bahasa inggris sebagai bahasa resmi ?
Jawab:
Di dunia ini ada bermacam-macam negara dengan beranekaragam budaya, adat istiadat dan juga negara-negara tersebut memiliki bahasa yang berbeda-beda yang digunakan untuk berkomunikasi. Untuk berkomunikasi dengan negara-negara tersebut, maka diperlukan bahasa penyatu dan dipilihlah Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi internasional, kenapa ? karena bahasa inggris merupakan bahasa yang digunakan oleh negara Inggris yang dulunya paling banyak menjajah yaitu hampir 2/3 negara yang dijajahnya di dunia.   
Menurut Crystal, sebuah bahasa dapat menjadi bahasa internasional karena (a) geographical-historical dan (b) socio-cultural. Dimana, dua kriteria ini akan dikembangkan menjadi lima faktor: (1) struktur dan bobot internal; (2) jumlah pemakai; (3) penyebaran geografis; (4) dominasi kekuasaan, politik, dan ekonomi; dan (5) wahana komunikasi dalam keilmuan dan diplomasi. Akibat dari kelima faktor ini muncul (6) pengaruh kehidupan sosial budaya.

2. Mengapa masalah-masalah akuntansi internasional semakin penting dan rumit dalam tahun-tahun belakang ?
Jawab:
Karena akuntansi internasional menyediakan informasi penting yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan pada perusahaan yang ada di dunia. Akuntansi internasional memberikan informasi mengenai perusahaan dan transaksinya untuk memfasilitasi keputusan alokasi sumber daya oleh para pengguna. Oleh karena itu, akuntansi internasional memiliki aturan-aturan atau standar tentang cara pembuatan laporan keuangan pada perusahaan. Dimana aturan-aturan itu bisa diperbaharui dan dikembangkan agar standar laporan keuangannya menjadi lebih baik dan dapat diterima di dunia.

3.      Apakah tujuan melakukan klasifikasi sistem akuntansi ?
Jawab:
Klasifikasi adalah sebagai dasar untuk memahami dan menganalisa mengapa dan bagaimana sistem akuntansi nasional berbeda-beda. Tujuan klasifikasi adalah untuk mengelompokkan sistem akuntansi keuangan menurut karakteristik khususnya. Klasifikasi mengungkap struktur dasar di mana anggota- anggota kelompok memiliki kesamaan dan yang membedakan kelompok- krlompok yang beraneka ragam satu sama lain. Dengan menenali kesamaan dan perbedaan , pemahaman kita menenai system akuntansi akan lebih baik. Klasifikasi merupakan cara untuk melihat dunia.

4.      Apakah model akuntansi yang utama di dunia ? Apakah karakter yang berbeda dari tiap-tiap model tersebut ?
Jawab:
Di dunia, akuntansi dan laporan keuangan berbeda-beda satu sama lain. Dimana Variabel-variabel yang membentuk perkembangan akuntansi sebuah negara, model akuntansi keuangan tertentu yang berkembang karena minat, sejarah atau pilihan, proses menetapkan standar akuntansi keuangan nasional itu sendiri dan konservatisme adalah hal-hal yang menyebabkan perbedaan tersebut.

5.      Perusahaan-perusahaan besar sering kali mencatatkan saham mereka diberbagai bursa efek yang berbeda di seluruh dunia. Isu akuntansi apa yang mencuat akibat praktek ini ?
Jawab:
Isu akuntansi yang mencuat akibat perusahaan-perusahaan besar sering mencatatkan sahamnya disebabkan oleh merger dan akuisisi yang juga berakibat pada penghapusan pencatatan saham yang dilakukan beberapa perusahaan terkait, salah satunya perusahaan yang ada di Eropa. Sehingga banyak perusahaan di Eropa mengalami kesulitan ketika memutuskan di mana meningkatkan jumlah modalnya atau mencatatkan sahamnya.

Sumber:
uo94tcd3nIzg

Tidak ada komentar: